Konferensi Pers Penetapan Jumlah DPT Terakhir sebagai Dasar Syarat Dukungan Paslon Perseorangan PILGUB Kaltim 2018n Perseorangan Pilgub Kaltim

admin   11 September 2017   01:24:55  

Samarinda, kaltim.kpu.go.id Dalam rangka persiapan pelaksanaan  tahapan Penyerahan Dukungan Pasangan Calon (paslon) Perseorangan pemilihan Gubernur  dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur Tahun 2018, pada hari Minggu (10/9) 2018 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Timur menggelar konferensi pers hasil rapat pleno Rekapitulasi Daftar  Pemilih Tetap pemilihan umum  / pemilihan terahir sebagai dasar perhitungan syarat dukungan pasangan calon (paslon) perseorangan dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur Tahun 2018, bertempat di ruang aula KPU Provinsi Kalimantan Timur pukul 10.00 wita s/d selesai.

 

Dihadiri oleh seluruh Komisioner KPU Kaltim,  Bawaslu Prvinsi Kalimantan Timur, Sekretaris KPU Kaltim, Kabag dan Kasubag dilingkungan Sekretariat KPU Kaltim, Jajaran PNS KPU kaltim,  Kodam IV Mulawarman dan Pers baik dari media cetak maupun media elektronik.

Ketua KPU Kaltim M.Taufik menyampaikan, 3 (tiga) hal yang telah di putuskan dalam rapat pleno yang pertama terkait dengan rekapitulasi DPT Pemilu / pemilihan terahir di 10 (sepuluh) Kabupaten Kota di KalimantanTimur sebagai dasar bakal pasangan calon perseorangan, sesuai dengan ketentuan PKPU No. 3 tahun 2017 Pasal 8 ayat 2. Yang kedua prosentase syarat dukungan bakal calon perseorangan. Dan  yang ke tiga jumlah minimal syarat dukunan pasangan calon perserangan dan jumlah minimal sebaran jumlah dukungan.

Dalam kesempatan yang sama Rudiansyah, memaparkan bahwa persyara pencalonan pasln  perserangan berupa jumlah dukungan dan persebarannya bagi paslon perseorangan. Kalimantan Timur adalah daerah Provinsi yang sebagian daerahnya telah menyelenggarakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota maka DPT yang akan digunakan  adalah DPT Pilkada serentak 2015 dan Pilpres 2014.

Selanjutnya Rudiansyah menegaskan bahwa jumlah dukungan paslon perserangan berdasarkan pada rekapitulasi jumlah DPT pemilu/Pemilihan terakhir sebesar 2.513.840 jiwa, maka paslon perseorangan pemilihan Gubernur  dan Wakil Gubernur Kaltim harus didukung paling sedikit 8.5% (delapan setengah persen). Maka jumlah dukungan sama dengan 8.5% x 2.513.840 yakni 213.667,4 yang kemudian dibulatkan menjadi 213.667 jiwa.

Jumlah minimal dukungan sebanyak 213.677 jiwa penduduk yang terdaftar  / tercantum di dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu / Pemilihan terakhir dan atau daftar penduduk potensial Pemilih Pemilihan (DP4).  Sejumlah dukungan tersebut harus tersebar di minimal 6 (enam) Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur.

Penyerahan syarat dukungan pasangan calon perseorangan kepada KPU Provinsi Kalimantan Timur sesuai tahapan adalah pada Tanggal 22-26 November 2017, tegas Rudiansyah kembali. (red:ict/hupmas/kpukaltim)

 

  Font Size