KPU Katim dan 4 KPU Kabupaten/Kota Siap Laksanakan Rumah Pintar Pemilu (RPP)

admin   07 Februari 2017   08:27:12  

Samarinda, kpu-kaltimprov.go.id KPU Provinsi Kalimantan Timur bersama 4 KPU Kabupaten/Kota yaitu  Samarinda, Balikpapan, Bontang dan Kutai Barat menggelar Rapat Kerja Rumah Pintar Pemilu (RPP) Tahun 2017 yang merupakan Program Prioritas Nasional terkait Pendidikan Pemilih. Rapat dihadiri oleh Anggota KPU Divisi SDM dan Sosialisasi, Kasubbag Teknis dan Hupmas serta Staf Sekretariat di Subbagian Teknis dan Hupmas, berlangsung di Gedung Aula KPU Kaltim, Senin (6/2).

Rapat dibuka dengan sambutan Ketua KPU Provinsi Kaltim, Mohammad Taufik yang dilanjutkan dengan oleh Anggota KPU Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Moh. Syamsul Hadi, dalam pembahasan, perkembangan Rumah Pintar Pemilu di KPU Kabupaten/Kota ruangan dan design RPP di KPU  Kabupaten/Kota masing-masing, mendiskusikan persoalan yang ada serta merencanakan alokasi membangun dan mengembangkan Rumah Pintar Pemilu ini, diresmikan dengan kondisi keuangan yang ada. Jika menindaklanjuti Surat Edaran Ketua KPU RI Nomor 54/KPU/I/2017 tanggal 16 Januari 2017 perihal Pembentukan Rumah Pintar Pemilu Tahun 2017 di instruksikan  harus sudah diresmikan pada bulan Maret 2017. Rumah Pintar Pemilu merupakan pusat informasi tentang proses penyelenggaraan Pemilu dan sekaligus menyediakan layanan serta manual digital tentang  kepemiluan.

Dalam forum yang sama, Anggota KPU Divisi Teknis, Rudiansyah menambahkan bahwa dalam rapat kerja ini kita akan memfokuskan planning pembuatan Rumah Pintar Pemilu dari masing –masing KPU Kabupaten/Kota secara detail dan spesifik. Dengan harapan RPP bisa louching di bulan Maret 2017.

‘Lanjut Rudi, hari ini kami ingin melihat persiapan-persiapan rangkaian perencanaan kawan-kawan di KPU Kabupaten/Kota terutama yang berkaitan dengan design/tata ruang yang di dalam panduannya memaparkan ruangan dan metode-metode sesuai kebutuhan. Ketika berbicara mengenai tata ruang seperti ruang Audio Visual, Ruang Display, Ruang Simulasi dan Ruang Diskusi minimal kebutuhan empat ruang tersebut harus terpenuhi dengan pemamfaatan rungan, karena pada prinsipnya RPP ini dibangun dari sisi pemanfaatan ruangan sekretariatan yang ada. KPU Provinsi Kaltimpun juga dalam proses yang sama yaitu tahap design tata ruang RPP yang mampu mengintegrasikan kebutuhan empat macam ruangan tersebut serta anggaran, lokasi maupun materi yang akan disematkan dalam Rumah Pintar Pemilu.

Divisi Anggaran, Ida Farida Ernada juga menambahkan bahwa konsep Rumah Pintar Pemilu harus disesuaikan dengan kondiri setempat dan perlunya kreatifitas serta ciri khas yang ditonjolkan dalam mempublikasikan Rumah Pintar Pemilu agar bisa terekspos di media-media. Pembuatan RPP tidak harus besar dan luas akan tetapi harus lebih UNIK, ruangan kecil akan menjadi indah karena kemampuan dalam mendesign ruangan, agar hasil yang diharapkan indah dan nyaman dipandang mata,”pesan Ida.

Raker dilanjutkan dengan pemaparan dari  KPU Kabupaten/Kota tentang rencana design RPP, yang diawali oleh KPU Kabupaten Kutai Barat, dilanjut oleh KPU Kota Bontang, KPU Kota Balikpapan dan terakhir KPU Kota Samarinda, pemaparan dan diskusipun berjalan dengan lancar dan aman. (er/red.FOTO KPU-Prov/hupmas)

  Font Size